Mengenal Sekaligus Mengatasi Problem Membran Motor Racing 2 Tak

3807 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Terbuka : Bisa dilihat katup pada bagian bawah terbuka karena tergnjal oleh kotoran dan kerak pada membran, inilah penyebab menurunnya performa motor 2Tak. (Foto : Singgih/Otorace)

OTORACE – SURABAYA, Para pengguna motor 2Tak pasti sering mendengar dengan nama Reed Valve atau yang biasa disebut membran. Yups, part mesin satu ini merupakan nafas dari motor 2Tak karena berfungsi sebagai pengatur lalu lintas bahan bakar dan sisa gas buang layaknya klep pada motor 4Tak. Performa motor pun dapat berubah jika ada yang tidak beres atau menghambat proses kerja part ini.

otorace

Bersihkan Katup : Gunakan kertas gosok halus untuk membersihkan katup pada membran namun saat proses membersihkannya tekan secara halus karena untuk menjaga kerataan membran. (Foto : Singgih/Otorace)

“Layaknya hidung manusia jika lubangnya tidak beres pasti berdampak pada lainnya begitu juga pada membran. Saat motor 2Tak mengalami penurunan pada performa coba cek membrannya,” ucap Juwet, salah satu mekanik tim balap IJM Ceria.

Cara kerja membran sendiri ialah disaat piston naik dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas) pada saat itu katup membran terbuka sehingga membuat bahan bakar masuk ke ruang karter. Sebaliknya pada saat piston turun dari TMA menuju ke TMB katup membran akan menutup bahan bakar yang nantinya diteruskan ke ruang bakar untuk dipantik api busi.

Mempunyai peran yang penting tentunya part ini harus dijaga agar motor selalu dalam kondisi optimal. Dan umumnya masalah pada membran ialah kotaran dan kerak yang menempel.

otorace

Bersihkan Body : Selain kertas gosok halus pada bagian body membran gunakan juga kuas untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau oleh kertas gosok halus. (Foto : Singgih/Otorace)

“Sebenarnya mudah mengatasi masalah membran karena hanya dengan membersihkannya masalah sudah beres namun proses membersihkannya juga tidak boleh asal,” kata Juwet.

Satu hal lagi, pada membran yang terbuat dari bahan karbon dan plat tipis memang benar adanya akan menambah performa motor lebih galak tapi sedikit catatan untuk bro dan sista harus lebih berhati – hati karena desain pada katupnya sangat presisi. Otomatis kotoran sekecil apapun tidak boleh menempel atau mengganjal untuk memaksimalkan performanya.

“Membran jenis ini biasanya dibuat untuk balap atau yang hobi dengan preforma tinggi jadi sangat sensitif, maka dari itu biasanya mekanik selalu membersihkan membran sebelum maupun sesudah balap,” terang Juwet. (Singgih/Otorace)

3,720 total views, 4 views today

Tips Motor 2 tak Tips Racing

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA