Ssett… Ini Rahasia Vega SJP 33 AD Conk’s Raih Time 08.107 Detik

3858 views
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
otorace

SANG JOKI: Dafi Mini (Kiri) dan Alvan Cebonk yang sukses menunggangi Vega milik SJP 33 AD Conk’s dengan hasil best time 08.107 detik. (Foto : Singgih/Otorace)

OTORACE – SURABAYA, Nama Pak Conk’s tentunya sudah tidak asing lagi bagi pecinta balap motor trek lurus 201 meter. Yups, mekanik handal spesialis 4 Tak asal kota Malang ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam mengoprek kuda besi. Kali ini Otorace.com akan mengulas salah satu kuda besi hasil racikan pak Conk’s.

otorace

SIMPEL: Tak ingin ribet pada pemilihan maping pak Conk’s memakai CDI Rextor 2 yang hanya tinggal memencetnya. (Foto : Singgih/Otorace)

Bertarung dikelas bebek 4Tak Tune Up 130cc, Yamaha Vega berwarna hijau dan ungu racikan pak Conk’s yang berada tim SJP33 AD Conk’s mempunyai catatan waktu 08.107 saat ditunggangi pembalap baru Dafi Mini. Waktu yang fantastis ini hasil dari pematokan kompresi tinggi di angka 14,5 : 1. Untuk mengimbangi kompresi tinggi maka penerapan piston Daytona berdiameter 55,25mm dengan memapas dome hingga piston terpasang mendem 0,5mm dari bibir blok silinder menjadi pilihan terbaik.

“Pemapasan dome merupakan kuncinya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kompresi saat piston mentok di TMA,” papar pak Conk’s yang menambahkan stroke Jupiter 54mm pada racikannya.

Mengatasi ruang bakar yang besar, jelas lubang inlet dan exhaust harus diporting. Tentunya sebelum melakukan porting, sang tuner harus menyesuaikannya dengan klep isap yang baru diganti pakai diameter 29mm dan klep buang 24mm. Penerapan seperti ini membuat permintaan bahan bakar dan udara harus lebih besar, maka dari itu sang tuner mengganti karburator standartnya dengan UMA dipadu main jet 110 dan pilot jet 45.

“Kompresi tinggi juga harus disertai suplai bahan bakar serta udara yang segar agar mesin bisa maksimal,” ucap pak Conk’s yang memakai Avgas untuk bahan bakar si Vega.

Dari segi pengapian sendiri rupanya pak Conk’s tidak ingin ribet. Banyaknya pilihan maping yang tinggal pencet membuatnya memasang CDI milik Rextor 2. Pada koil tetap dipercayakan milik YZ 125 sudah cukup untuk mencapai power pada 10.000 rpm. (Singgih/Otorace)

Data Modifikasi :
Kampas : FR
Piston : Daytona
Karburator : UMA
Koil : YZ 125
CDI : Rextor 2
Magnet : Jupiter
Knalpot : AHM
Ban : Eat My Dust

3,587 total views, 4 views today

Alvan Cebonk Drag Bike Drag Bike 2015 Tips Drag Bike

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA