Dua Aspek Ini Bikin Mio Racikan Pells Tembus 07.514 Detik

7542 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Mio : Inilah mio merah yang bisa menembus 07.514 detik berkat 2 aspek yang diyakini Pells. (foto: singgih/otorace)

OTORACE.COM – SURABAYA, Pengalaman segunung Arif Sigit Wibowo tau yang biasa dikenal Pells sebagai mekanik untuk menganalisa keselarasan sang joki dengan kuda besinya memang patut di acungi jempol. Lihat saja pada oprekan Mio merah tahun 2008 miliknya yang mampu menembus time 07.514 saat ditunggangi Galih Dwi di kelas Matik Tune Up 200cc.

“Mesin memang faktor utama dalam drag bike tapi jangan melupakan faktor sekundernya yaitu kenyamanan joki saat menunggangi motor juga bisa mengurangi seper sekian detik lho,” ucap Pells, mekanik Kawahara Trijaya Sakti Pells Racing.

Mendengar pernyataan tersebut membuat kru Otorace.com jadi kepo akan rahasia oprekan mesin dan faktor sekundernya ala Pells. Pertama mari berbicara soal dapur pacunya, Pell yang mengincar ringan mengandalkan piston tipe forging milik Kawahara berlingkar 66mm dengan dome 5.5mm yang akhirnya dibuat mendem 0.8mm.

“Piston ringan bereaksi lebih cepat naiknya jadi putaran mesin lebih enteng,” ungkap Pells, yang masih memakai stroke standart.

Masih tetap seputar dapur pacunya nih, besarnya lingkar piston yang membuat kapasitas mesin menjadi 197.7cc membuat Pells harus mengimbanginya dengan klep buatannya. Diameter payung pada sisi klep in dibikin 34mm sedangkan untuk klep ex 28.5mm. Alhasil, head silinder pun sedikit dipapas akibat mengejar kelancaran kompresi 13.4 : 1.

“Karena kompresinya segitu saya memakai karburator Kawahara PE28 untuk menyalurkan Avgas secara lancar ke ruang bakar,” paparnya yang menggunakan roller milik Kawahara seberat 7gram.

Nah, yang terakhir soal kenyamanan kuda besinya. Agar Galih Dwi tetap tenang menunggangi kuda besinya, sang tuner mempunyai trik settingan khusus pada shockbreakernya.

“Saya menggunakan shockbreaker bertipe angin dan untuk settingan sendiri saat di trek dengan kontur aspal baik cukup dibikin rebound 1detik namun saat aspal sedikit bumpi atau licin yang bisa membuat ban spin settingan shockbreaker dibuat lebih lama reboundnya menjadi 2 detik,” beber tuner asal kota Solo, Jawa Tengah yang mengaplikasikan magnet 750gram yang dibubut. (Singgih/Otorace)

6,176 total views, 2 views today

Racing TIps Tips Drag Bike Yamaha Mio

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA