Yamaha DT-07 Flat Track Concept, Yang Ini Paling Cocok untuk Supermoto

2407 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Yamaha DT-07 Flat Track Consept. Menghidupkan lagi dengan kekuatan berbeda dari sang legenda Yamaha Trail DT, yang kini dibuat lebih cocok untuk balapan seperti super moto. (foto : Yamaha/otorace)

Yamaha DT-07 Flat Track Consept. Menghidupkan lagi dengan kekuatan berbeda dari sang legenda Yamaha Trail DT, yang kini dibuat lebih cocok untuk balapan seperti super moto. (foto : Yamaha/otorace)

OTORACE – Di Indonesia, Yamaha trail DT cukup populer di era 1980 an, tak hanya di medan motocross, motor trail juga cukup banyak terlihat melaju di jalanan, kala itu. Kini meski masih dalam tahapan konsep, divisi balap Yamaha di Amerika mencoba membangkitkan legenda motor ini dalam versi track rata (flat track). Hmm.. seperti inikah motor yang pas untuk Supermoto ? Mari kita simak.

Yamaha DT-07 Flat Track Consept Belakang

Yamaha DT-07 Flat Track Consept Belakang

Yamaha DT-07 Flat Track Concept, dirancang oleh US Divisi Racing Yamaha dan Jeff Palhegyi Desain (JPD). Secara fisik terdiri dari frame kustom krom-moly dengan daya 90 tenaga kuda yang diperoleh dari mesin Yamaha FZ-07 paralel-twin, dan didukung knalpot Graves.

“Ketika mesin FZ-07 pertama kali diperkenalkan, kami tahu bahwa mesin paralel-twin motor ‘Crossplane Konsep’ harus rendah luar biasa untuk meraih torsi mid-range, agar ideal untuk lintasan balap datar,” komentar Keith McCarty, Motorsports Racing Division Manager untuk Yamaha Motor Corporation, Amerika.

Mesin FZ-07 Flat Track, yang diciptakan Babe Demay ini telah menunjukkan potensi yang sangat besar di musim ini, diantaranya dengan kemenangan yang diraih Dominic Colindres di balapan panas dan juga finish keempat di ajang AMA Pro Flat Track terbaru.

Yamaha FZ-07. Kekuatan mesin motor inilah yang  diambil dan dicangkokkan pada Yamaha DT-07 Flat Track Consept. (foto : Yamaha/otorace)

Yamaha FZ-07. Kekuatan mesin motor inilah yang diambil dan dicangkokkan pada Yamaha DT-07 Flat Track Consept. (foto : Yamaha/otorace)

“Di sini, di Cypress, kami juga telah melakukan beberapa eksplorasi kita sendiri, dan DT-07 Concept adalah hasilnya. FZ-07 adalah motor yang besar dan juga memiliki platform yang besar untuk kustomisasi. Kami ingin melihat apa yang bisa kita lakukan dengan motor ini sebagai flat tracker, dan kami sangat senang dengan hasilnya,” ungkapnya lagi.

Motor ini memiliki bagian yang cukup keren, terutama pada sisi hodge, dari pada poros-titik dan ayunan lengan linkage disesuaikan dengan shock belakang Ohlins, dan ke ujung depan menggunakan R6 yang dimodifikasi.

Roda bahan produksi Black Propulsion Lab, sadel memakai Saddlemen, yang dilengkapi dua setang dari VORTEX. Kombinasi warana skema cat kuning dan hitam memberikan sentuhan khas Yamaha DT yang ekstra memikat untuk menciptakan kesan “wow ” hingga menarik orang untuk berkerumun di pameran AIM. Ditambah blur hitam dan kuning bersama-sama yang baik, seperti melahirkan pukulan tersendiri oleh motor ini saat melewati kerumunan di trek balap .

“Salah satu tujuan tertentu kami dengan DT – 07 adalah untuk mempertahankan beberapa gaya khas FZ – 07 ini,” kata Derek Brooks, Planning Manager Produk Motor untuk Yamaha Motor Corporation , USA.

“Saya bekerja dengan Jeff (Palhegyi) pada desain sepeda , dan kami benar-benar menggunakan penutup tank bahan bakar FZ – 07 sebagai dasar untuk cetakan tubuh pada DT – 07 Concept. Seluruh motor pada dasarnya dibangun dari awal, dan itu adalah interpretasi Yamaha apa dirt tracker yang dirancang dari bawah ke atas pada tahun 2015,” pungkasnya (nja/otorace)

2,338 total views, 3 views today

FZ-07 Yamaha DT-07 Concept

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA