Dakar 2016: Stage-10, Peterhansel Puncaki Klasmen Setelah Hajar Bukit Pasir

970 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

BANGKIT. Stephane Peterhansel – Jean Paul Cottret (PEUGEOT) kembali bangkit dan puncaki klasemen setelah di stage sebelumnya kalah dari rekan setimnya Carlos Sainz – Lucas Cruz. (foto: dakar/otorace)

OTORACE – DAKAR 2016, Kebijakan stage-10 yang langsung memberangkatkan 10 mobil tercepat sebagai pembuka jalan secara tidak langsung membakar persaingan tersendiri antara 10 pembalap tersebut. Mobil pertama yang memulai start adalah Sainz (Peugeot), Van Loon (Mini), Hirvonen (Mini) dan De Villiers (Toyota). Setelah itu gelombang ke dua yang diikuti oleh Nasser Al-Attiyah (Mini), Despres Cyril (Peugeot), Stephane Peterhansel (Peugeot).

otorace

MEMBAYANGI. Nasser Al-Attiyah – Matthieu Baumel (MINI ALL4 RACING), dengan mobil imutnya terus membayangi tim Peugeot di klasmen sementara kelas mobil Dakar 2016. (foto: dakar/otorace)

Bendara start baru saja dikibarkan, tapi pada 5 km, mobil Van Loon terlihat berhenti. Tampaknya Mini yang dikendarai Van Loon menghadapi masalah.

Carlos Sainz (Peugeot), menjadi pembalap pertama pembuka, tampaknya telah mengalami kesulitan mencapai waypoint pertama. Akhirnya dia disusul oleh De Villiers (Toyota) dan Hirvonen (Mini). Ini salah satu bukti bahwa kejelian navigasi sangat dibutuhkan disektor bukit pasir.

Nasib buruk tidak terus belalu, tetapi terus bertambah. Disektor bukit pasir, Carlos Sainz kembali mengalami masalah, dimana mobilnya mengalami ban kempes. Ini jelas memperlebar jarak waktu dari pembalap didepannya.

Nasser Al-Attiyah yang merupakan juara Dakar 2015 melakukan balapan dengan optimis. Meski ada pertanyaan besar tentang kemampuan kendaraannya untuk bertempur dengan Peugeot dan Toyota. Seperti komentar awal Al-Attiyah, dimana dia akan melakukan serangan pada minggu kedua dimana medan yang dilalui didominasi oleh bukit-bukit pasir.

Meskipun beberapa masalah navigasi pada awal khusus, Carlos Sainz (Peugeot) terus memacu mobilnya dijalur neraka. Dia mampu melewati CP2 dengan memimpin lebih dari 7 menit lebih Giniel de Villiers (Toyota). Kami harus menunggu beberapa menit untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan antara Spanyol dan rekan setimnya.

Cyril Despres dan Stéphane Peterhansel yang kalah cepat oleh Gerard de Rooy di CP1. Kini duo Peugeot mulai balik memimpin.

Carlos Sainz membalap sangat cepat. Ini konsekwensi dari waktu yang banyak terbuang saat mengalami beberapa masalah. Tetapi Stéphane Peterhansel mampu memanfaatkan keadaan dengan mencuri waktu dengan kejelian navigasi.

Pada CP2 hampir didominasi nama-nama besar dunia reli. Sejauh ini tim Peugeot 100% menguasi medan, terdapat Peterhansel, Sainz dan Despres. Nasser Al-Attiyah hanya mampu berada di urutan keenam, dengan selisih 28m44d.

Stage-10 ini bisa dikatan masih menjadi neraka bagi pembalap. Selepas CP2 Sainz pun terlibat masalah lagi dengan bukit pasir. Sainz terjebak hingga memperlebar jarak waktu dengan Peterhansel.

Sebasitan Loeb, yang stage-9 banyak mengalami masalah, tampaknya hari ini mampu melaju dan terhendar dari beberapa masalah. Loeb akhirnya mampu memangkas jjarak waktu dengan Peterhansel menjadi 2 menit.

Kinerja yang kuat dari Sébastien Loeb cukup baik untuk. Pria asal Alsace kehilangan waktu 17’40 dari rekan setimnya Stéphane Peterhansel. Pada CP5, Nani Roma dan Sébastien Loeb duduk di tempat keempat dan kelima masing-masing, mempunayi selisih waktu 11’51 ‘dan 17’16’ di belakang Peterhansel.

Carlos Sainz dikonfirmasi mobilnya telah berhenti. Pembalap Spanyol mengalami masalah mekanik dan telah terjebak di km 213 dari khusus selama 1 jam 45 ‘. Sainz akhirnya masuk garis finis di urutan 81 akibat masalah mesin. Sainz bisa melupakan mahkota juara di Rosario. (sat/otorace)

Juara Stage 10
1. Stephane Peterhansel – Jean Paul Cottret (PEUGEOT)
2. Despres Cyril – David Castera (PEUGEOT)
3. Vladimir Vasilyev – Konstantin Zhilton (TOYOTA HILUX)
4. Nani Roma – Alex Bravo Haro (MINI ALL4 RACING)
5. Sebastian Loeb- Daniel Elena (PEUGEOT)
6. Giniel de Villiers – Dirk von Zitzewitz (TOYOTA HILUX)
7. Miroslav Zappletal – Marton Maciel (HUMMER H3 EVO VII)
8. Harry Hunt-Andreas Schulz (MINI ALL4 RACING)
9. Emiliano Spataro-Benamin Lozada (RENAULT DUSTER)
10. Leeroy Poulter – Robert Howie (TOYOTA HILUX)

Klasmen sementara setelah stage 10
1. Stephane Peterhansel – Jean Paul Cottret (PEUGEOT)
2. Nasser Al-Attiyah – Matthieu Baumel (MINI ALL4 RACING)
3. Giniel de Villiers – Dirk von Zitzewitz (TOYOTA HILUX)
4. Mikko Hirvonen – Michel Perin (MINI ALL4 RACING)
5. Leeroy Poulter – Robert Howie (TOYOTA HILUX)
6. Despres Cyril – David Castera (PEUGEOT)
7. Nani Roma – Alex Bravo Haro (MINI ALL4 RACING)
8. Vladimir Vasilyev – Konstantin Zhilton (TOYOTA HILUX)
9. Sebastian Loeb- Daniel Elena (PEUGEOT)
10. Harry Hunt-Andreas Schulz (MINI ALL4 RACING)

1,033 total views, 2 views today

Nasser Al-Attiyah Stephane Peterhansel Dakar 2016 Stage 10

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA