Dakar 2016 : Stage-12, Yamaha Tampil Luar Biasa, Lahap Trek Terpanjang

905 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

LUAR BIASA. Yamaha dengan rider Helder Rodrigues berhasil tercepat di stage 12, dan menyisihkan dua driver KTM dan Honda. (foto: dakar/otorace)

OTORACE – DAKAR 2016, Stage-12 merupakan stage kedua terakhir di seri Dakar 2016. Satu demi satu peserta Dakar tumbang, baik karena kerusakan mesin atau karena kecelakaan. Beberapa pembalap unggulan pun tak luput dari korban ganasnya medan Dakar, salah satunya Goncalves yang merupakan pembalap andalan tim Honda.

POSISI 3. Meski sudah bersusah payah di stage 12  Kevin Benavides (HONDA) hanya mampu finis di posisi ketiga. (foto: dakar/otorace)

POSISI 3. Meski sudah bersusah payah di stage 12 Kevin Benavides (HONDA) hanya mampu finis di posisi ketiga. (foto: dakar/otorace)

Stage-12 yang mengambil rute San Juan ke Villa Carlos Paz ini bakal menempuh jarak 931km, dan ini merupakan jarak terpanjang dari semua stage Dakar 2016. Stage-12 akan terbagi menjadi dua bagian, 450km untuk koneksinya dan 481km untuk spesial stage.

Anoine Meo yang di stage-11 tampil sebagai yang tercepat, membuatnya mempunyai kepercayaan diri tinggi untuk bisa melahap rute panjang stage-12. Antoine pun sadar bahwa dirinya sekarang berada di posisi 3 untuk klasmen umum. Tapi peringkat itu sangat tidak aman, mengingat Pablo Quintanilla (HUSQVARNA) berada di bawahnya dengan selisih waktu 1 menit 33 detik.

Seperti dijadwalkan, pemenang stage-11 memulai di awal untuk mengatasi spesial stage sepanjang 481km. Kali ini Helder Rodrigues (YAMAHA), melakukan balapan yang cukup hebat. Dia terlibat persaingan cukup sengit dengan Meo dan Quintanilla. Ketiga pembalap ini berupaya masuk dalam 5 besar klasmen umum.

Kerjasama tim tampaknya terlihat pada KTM, Antoine Meo yang melakukan start terlebih dahulu terlihat menunggu rekan setimnya Toby Price. Antoine Meo tidak mau mempertaruhkan segalanya untuk meraih posisi kedua klasemen umum.

Pada Way-Point pertama (lebih 55 km) Toby Harga melewati Meo dengan memimpin 3’32, dan ini berakibat Meo tidak lagi podium karena Pablo Quintanilla mencatat waktu terbaik, hampir 4 menit didepan Meo.

Helder Rodrigues yang menginginkan posisi 5 besar di klasmen umum terus melakukan upaya keras. Pemimpin tim Yamaha berada di posisi ketiga di Way-Point 1. Helder pun juga memangkas jarak dengan Kevin Benavides, yang berasa di posisi 5 klasmen umum hanya 23 detik. Tempat kelima di Rosario yang dipertaruhkan, dan dua pembalap ini berjuang untuk finish tercepat.

Saling mendahului antara Kevin Benavides (Honda) dan Helder Rodrigues (Yamaha) semakin memanas, dimana pada CP1 (setelah 155 km) Helder mampu memangkas jarak waktu dari 31 detik turun menjadi 24 detik.

Para pembalap papan atas mencapai CP3 (setelah 248 km) yang merupakan titik tengah dan titik pengisian bahan bakar untuk sepeda. Pada check poin 3 ini, urutan pembalap : Kevin Benavides (Honda) tercepat dengan memimpin 10 detik atas Pablo Quintanilla (Husqvarna). Helder Rodrigues di posisi ketiga, 45 detik. Kemudian datang Toby Price (KTM) di posisi keempat, 1’28 ” di belakang pemimpin, Adrien Van Beveren (Yamaha), tampil cukup bagus menempati posisi 5, dan Antoine Meo, di posisi enam.

Pembalap resmi Yamaha tampaknya bertekad untuk meraih kemenangan pada stage-12, dan ini terlihat seja Way-poin 6 dimana dia terus bersaing dengan Kevin Benavides (Honda) dan Pablo Quintanilla (Husqvarna).

Di tengah pertempuran antara Helder Rodrigues (Yamaha) dengan Kevin Benavides (Honda), Antoine Meo berhenti 40km sebelum garis finis. Meo berhenti setidaknya 5 menit untuk menunggu Toby Price. Pengorbanan Meo ini harus ditebus dengan terlemparnya dia diurutan 21.

Sementara pemimpin tim Yamaha melakukan balapan yang cukup luar biasa. Bertarung dengan Benavides (Honda) sejak awal di jalur terpanjang ini akhirnya mampu tampil sebagai yang tercepat di stage-12. Toby Price masuk setelah 4menit 32 detik, disusul Benavides 4m 55detik. Dengan hasil ini Helder Rodrigues (YAMAHA) mampu masuk dalam 5 besar klasmen umum, dan Antoine Meo terlempar di poisisi 6. (sat/otorace)

Pemenang Stage 12
1. Helder Rodrigues (YAMAHA)
2. Toby Price (KTM)
3. Kevin Benavides (HONDA)
4. Stevan Svitko (KTM)
5. Adrien Van Beveren (YAMAHA)
6. Pablo Quintanilla (HUSQVARNA)
7. Armand Monleon (KTM)
8. Gerrad Farres Guel (KTM)
9. Oliver Pain (KTM)
10. Jacopo Cerutti (HUSQVARNA)

Klasmen setelah stage 12
1. Toby Price (KTM)
2. Stevan Svitko (KTM)
3. Pablo Quintanilla (HUSQVARNA)
4. Kevin Benavides (HONDA)
5. Helder Rodrigues (YAMAHA)
6. Antoine Meo (KTM)
7. Adrien Van Beveren (YAMAHA)
8. Gerrad Farres Guel (KTM)
9. Ricky Brabec (HONDA)
10. Armand Monleon (KTM)

901 total views, 0 views today

Dakar 2016 Helder Rodrigues Stage 12 Dakar 2016

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA