Rally Dakar 2016 : Klasmen Sementara Stage 2, Villa Carlos Paz – Termas de Rio Hondo

1350 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

PRICE TOBY. Pereli motor asal Australia dengan motor KTM, sukses di posisi pertama setelah berhasil menaklukkan ganasnya medan spesial stage 2 Rally Dakar 2016. (foto: dakar/otorace)

logo Dakar 2016OTORACE – RALLY DAKAR, Setelah race prolog singkat dan dibatalkannya stage pertama, Dakar langsung menggebrak di stage 2, dimana para pembalap memacu tunggangannya dari Villa Carlos Paz ke Termas de Rio Hondo. Pada tahap ini kebanyakan pembalap tidak mengalami kesulitan navigasi yang berarti, meski pun ada beberapa pembalap yang keluar dari jalur.

Motor
Toby Price adalah pembalap pertama yang mampu mengambil posisi puncak klasmen pada tahap kedua reli Dakar. Dengan perjuangan untuk seluruh etape yang dilahap membuat Toby unggul secara keseluruhan dari pembalap Ruben Faria.

Berada di podium terakhir di Dakar pertamanya, Toby Price bertekad untuk mencapai dimensi baru pada Dakar 2016. Pengendara KTM ini terus berjuang keras untuk menjauh dari Ruben Faria yang tampil cukup tenang di belakang setang Husqvarna.

Pembalap Portugis ini bahkan berhasil mengejar ketertinggalannya dari pemimpin klasemen hari itu, Joan Barreda. Hal ini memungkinkan Faria menjadi tepat di ekor Toby Price di klasemen umum pada Senin malam, sementara Stefan Svitko adalah orang ketiga yang menyelesaikan stage dua.

Meski start yang lambat dari Alain Duclos, tetapi secara bertahap pembalap Slovakia ini mempercepat kuda pacunya Sherco TVS, hanya kehilangan satu menit dan berhak tampil di posisi tiga.

Meski menempatii posisi tiga, pembalap Sherco TVS ini sangat puas, karena dia mampu mengalahkan pabrikan KTM yang ditunggangi oleh Matthias Walkner dan Honda oleh Paulo Gonçalves dan Barreda.

Sebuah kinerja yang sangat penting juga diberikan oleh debutan Argentina Kevin Benavides, yang finish diurutan delapan, sementara Pablo Quintanilla selesai jauh dibelakang Price.

Quad
Dalam kategori quad, Ignacio Casale berangkat dengan sedikit geram setelah kekecewaannya pada Dakar 2015. Dukungan perusahaan yang menambahkan Dakar kedua sebagai kehormatannya, dan pengendara Chili cukup mendominasi dan menyelesaikannya dengan memimpin klasemen umum.

Tepat dibelakangnya ada Brian Baragwanath dengan selisih waktu empat menit, sementara Alejandro Patronelli tampil cukup baik dengan menempati posisi ketiga di Termas de Rio Hondo. Sementara pemegang gelar Rafal Sonik harus terlempar diposisi keenam, dengan selisih waktu lebih dari 6 menit di belakang pemuncak klasmen.

Mobil

otorace

KELAS MOBIL. Dengan Peugeot 2008 DKR, Loeb Bastian – Elena Daniel belum mampu ditaklukkan oleh para pesaingnya hingga SS 2. (foto: dakar/otorace)

Sementara untuk kategori mobil, usaha keras Sébastien Loeb yang memenangkan stage pertama dari Dakar tetap unggul, meski kalah dua menit jalur lumpur. Pembalap Prancis mempu melahap stage dua dan mengambil puncak pimpinan klasmen.

Bertekad untuk tidak hanya membuat angka-angka di Dakar ini, Sébastien Loeb mungkin tidak berharap memenangkan tahap pertama di king rally-raid. Namun, pemenang sembilan kali juara WRC pada rute cepat tidak menemui kesulitan navigasi khusus.

Ini menjadikan pria asal Alsace cukup mendominasi secara keseluruhan, bahkan mengalahkan rekan se timnya yang berpengalaman Stéphane Peterhansel dengan selisih waktu 2’23 di Termas de Rio Hondo.

Namun hasil ini bukan kemunduran bagi “Peter” yang pasti akan lebih nyaman daripada Loeb di sisa reli dan telah mendapatkan menit yang berharga dari saingan utamanya. Di belakang kemudi Peugeot 2008 yang telah terbukti secara signifikan meningkat, lima kali juara di kategori mobil mengalahkan Vladimir Vasilyev dengan lima belas detik serta konsisten Giniel de Villiers, yang mengendarai Toyota Hilux.

Nasser Al-Attiyah kehilangan waktu berharga setelah mengalami beberapa masalah, sementara Carlos Sainz cukup kecewa saat di finish akibat masalah mesin yang terpaksa harus memakan waktu sebelas menit. Meskipun demikian, ini adalah apa-apa dibandingkan dengan kesulitan pada jalur lumpur yang dihadapi Nani Roma, yang kehilangan lebih dari 45 menit, atau Orlando Terranova (lebih dari 30 menit).

Truk
Dalam kategori truk, Hans Stacey menarik dari sukses, seperti pada tahun 2015. Ini merupakan kinerja yang baik, karena pembalap asal Belanda, mengambil bagian dalam Dakar kesepuluh, dan masuk untuk mengedarai MAN. Pemenang tahun 2007 tidak memiliki tugas yang mudah, namun, dengan Pieter Versluis menyelesaikan hanya 48 detik di belakang Gerard de Rooy.

Pembalap lokal Federico Villagra, yang memimpin tahap untuk waktu yang lama, akhirnya selesai di posisi kelima, di belakang Martin Kolomy. Truk pertama Kamaz, yang dikendarai pemenang tahun 2015, Airat Mardeev, hanya selesai di tempat kedelapan. (sat-1/otorace)
Klasmen Sementara Setelah Stage 2
(Villa Carlos Paz – Termas de Río Hondo)

Kelas Motor
1. PRICE TOBY (AUS) KTM
2. FARIA RUBEN (PRT) HUSQVARNA
3. DUCLOS ALAIN (FRA) SHERCO TVS
4. WALKNER MATTHIAS (AUT) KTM RALLY REPLICA
5. SVITKO STEFAN (SVK) KTM RALLY REPLICA
6. BARREDA BORT JOAN (ESP) HONDA
7. GONÇALVES PAULO (PRT) HONDA
8. BENAVIDES KEVIN (ARG) HONDA
9. QUINTANILLA PABLO (CHL) HUSQVARNA
10. PEDRERO GARCIA JUAN (ESP) SHERCO TVS

Kelas Quad
1. CASALE IGNACIO (CHL) YAMAHA RAPTOR
2. BARAGWANATH BRIAN (ZAF) YAMAHA RAPTOR
3. PATRONELLI ALEJANDRO (ARG) YAMAHA WATRICICLO
4. MEDEIROS MARCELO (BRA) YAMAHA YFM700R
5. PATRONELLI MARCOS (ARG) YAMAHA WATRICICLO
6. SONIK RAFAL (POL) YAMAHA RAPTOR
7. GONZALEZ FERIOLI JEREMIAS (ARG) YAMAHA RAPTOR
8. GIORDANA GIULIANO HORACIO (ARG) YAMAHA RAPTOR
9. HERNANDEZ ALEXIS (PER) YAMAHA RAPTOR
10. COPETTI PABLO (ARG) YAMAHA RAPTOR

Kelas Mobil
1. LOEB SEBASTIEN – ELENA DANIEL (PEUGEOT 2008 DKR)
2. PETERHANSEL STÉPHANE – COTTRET JEAN PAUL (PEUGEOT 2008 DKR)
3. DE VILLIERS GINIEL – VON ZITZEWITZ DIRK (TOYOTA HILUX)
4. HIRVONEN MIKKO – PÉRIN MICHEL (MINI ALL4 RACING)
5. POULTER LEEROY – HOWIE ROBERT (TOYOTA HILUX)
6. VASILYEV VLADIMIR – ZHILTSOV KONSTANTIN (TOYOTA HILUX)
7. TEN BRINKE BERNHARD – COLSOUL TOM (TOYOTA HILUX)
8. DESPRES CYRIL – CASTERA DAVID (PEUGEOT 2008 DKR)
9. ATTIYAH NASSER – BAUMEL MATTHIEU (MINI ALL4 RACING)
10. PROKOP MARTIN – TOMÁNEK JAN (TOYOTA HILUX)

Kelas Truk
1. STACEY HANS – DER VAET JAN – SERGE BRUYNKENS (MAN TGA)
2. VERSLUIS PIETER – PRONK MARCEL – KLEIN ARTUR (MAN TGS)
3. DE ROOY GERARD – RODEWALD DAREK – MOISES (IVECO POWERSTAR)
4. KOLOMY MARTIN – KILIAN RENE – KILIAN DAVID (TATRA 815)
5. VILLAGRA FEDERICO – JORGE PEREZ – MEMI ANDRES (IVECO POWERSTAR)
6. LOPRAIS ALES – MARCO FERRAN – BERNARD KINDEREN (IVECO POWERSTAR)
7. TON VAN GENUGTEN – ANTON VAN LIMPT – VAN EERD PETER (IVECO TRAKKER)
8. MARDEEV AIRAT – BELYAEV AYDAR – SVISTUNOV DMITRIY (KAMAZ 4326)
9. NIKOLAEV EDUARD – RYBAKOV VLADIMIR – YAKOVLEV EVGENY (KAMAZ 4326)
10. KARGINOV ANDREY – MOKEEV ANDREY – LEONOV IGOR (KAMAZ 4326)

1,283 total views, 2 views today

Dakar 2016 Price Toby Dakar 2016 Rally Dakar 2016

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA