Ubah Jupiter Z 120cc Street Racing Tanpa Boring ala Anto Rat Motorsport

7866 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Trik Jupiter : Anto, mekanik muda dari Rat Motorsport ini menunjukan noken as hasil modifikasinya (kiri) dan standart (kanan). (foto : singgih/otorace)

OTORACE.COM – Sidoarjo, Berkendara di perkotaan dengan padatnya kendaraan memang membutuhkan akselerasi tinggi. Kali ini Otorace.com akan sedikit mengupas cara menambah akselerasi pada motor Jupiter Z street racing ala Anto salah satu mekanik tim balap dari Rat Motorsport.

Piston : Cukup mengganti piston Jupiter Z oversize 200 (53mm) sudah bisa menjadikan mesin motor Jupiter Z 120cc tanpa perlu melakukan boring. (foto : singgih/otorace)

Piston : Cukup mengganti piston Jupiter Z oversize 200 (53mm) sudah bisa menjadikan mesin motor Jupiter Z 120cc tanpa perlu melakukan boring. (foto : singgih/otorace)

Pertama – tama untuk menambah tenaga pada motor tidak harus melakukan bore up yang ekstrim. Menurut Anto menjadikan kapasitas mesin 120cc sudah cukup mumpuni untuk menaklukan wilayah perkotaan sehingga tidak perlu melakukan boring.

“Ganti saja pistonnya dengan Jupiter Z oversize 200 (53mm), kapasitas mesin sudah berubah menjadi 120cc tanpa perlu boring,” ucap mekanik muda ini.

Setelah penggantian piston usahakan juga merubah lingkar pada klep in dan ex. Hal ini dilakukan agar piston dan klep tidak saling bertabrakan.

“Biasanya saya memakai klep in 26mm dan ex 23mm untuk menunjang kinerja piston. Kalau klep dibuat terlalu lebar nanti takutnya piston mudah pecah,” beber Anto yang ditemui kru Otorace.com di bengkel Rat Motorsport di jalan Raya Bypass Juanda no 1, Sidoarjo.

Selanjutnya gilaran Noken As. Nah untuk yang satu ini memang tidak bisa asal karena salah perhitungan sedikit saja saat memodifikasinya bisa membuat kinerja mesin menurun. Untuk itu Anto menyarankan lebih baik membeli noken as aftermarket atau membuatnya pada ahlinya.

“Sebenarnya kalau bisa memapas sendiri noken as terbaik untuk semi racing perkotaan itu durasinya dikecilin karena melewati banyak tikungan tapi kalau untuk touring durasinya diperbesar untuk memperbesar tenaga di RPM atas,” jelasnya (singgih/otorace)

9,867 total views, 0 views today

Racing TIps Tips Yamaha Jupiter

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA