MOTOGP 2016 : Honda Masih Fokus Cari Karakter Mesin dan Elektronik

1579 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
MotoGP 2016

REPSOL HONDA. Duo Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa, saat uji pra musim, Honda masih fokus mencari karakter mesin dan elektronik yang tepat. (foto: crash/otorace)

OTORACE – MotoGP, Principal team Repsol Honda, Livio Suppo yakin HRC sedang menuju arah yang benar dengan mesin 2016 nya, dan mengkonfirmasikan jika saat ini fokus untuk perhatian utama adalah elektronik.

Seperti dilansir crash, Honda kini tengah mencari dan memperbaiki karakter mesin yang terlampau agresif tahun lalu, merekapun sempat membawa mesin “agresif” itu ke Sepang saat uji pra musim pekan lalu untuk dilakukan revisi.

Menurut Suppo , perilaku mesin pada mesin Motornya, secara langsung terkait dengan elektronik, dan Honda nampaknya tak memiliki waktu lebih daripada para pesaing utama mereka, seperti Yamaha dan Ducati dalam membuat software ‘unified’ baru.

Saat tes lalu, Marquez dan Pedrosa tertinggal di belakang Jorge Lorenzo sang tercepat. Para pembalapa Honda tertinggal 1.3 detik dan 1.8 detik di belakang para pembalap Yamaha. Honda menganggap “terseok-seoknya” tim mereka di tes pra musim merupakan peringatan, jika masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan, sebelum balap pedana di Qatar.

“Pada akhirnya itu lebih banyang positif ketimbang negatif,” Suppo menegaskan. “Dan untuk memastikan masalah terbesar kita harus memecahkan adalah untuk beradaptasi elektronik baru dengan mesin kami. Namun dalam tiga hari ini kami telah belajar banyak. Dan mengambil beberapa langkah yang wajar. Masih ada ruang untuk tumbuh dan untuk putaran satu itu akan jauh lebih baik,” paparnya.

Dikatakan pula oleh Suppo, kesan yang diberikan oleh para pembalap pabrik memang mesin baru mereka belum mampi digeber lebih bagus, tapi Suppo merasa senang langkah mereka sudah berada di arah tepat dan benar, sebelum spesifikasi 2016 ini juga akan diberikan kepada rider satelit mereka, Tito Rabat dan Cal Crutchlow.

“Hal positifnya adalah bahwa kedua pembalap menyukai evolusi baru dari 2016 mesin kami dibawa ke sini (Sepang). Dari hari kedua, kedua motor itu sudah mereka digunakan. Hal ini memungkinkan kita untuk memberikan versi pertama dari 2016 mesin untuk Cal dan Tito untuk diuji. Cal melakukan waktu lap terbaik. Tito jatuh di awal sehingga tidak dapat melanjutkan, tapi itu baik bahwa semua pembalap yang menguji mesin ini tampaknya bisa menemukan sesuatu yang positif,” urai Suppo.

Saat ditanya kemungkinan Honda tengah menggelar spek baru lebih lanjut sebelum mesin nya disegel pada satu putaran? Suppo menjawab, jika dirinya bukanlah seorang teknisi, tapi sejauh yang pihaknya bisa bekerja pada perangkat keras, namun harus harus lebih banyak fokus untuk perbaikan di sisi elektronik.

“Masalahnya saat ini, suka atau tidak, tanpa elektronik Anda dapat mencoba untuk memiliki mesin yang lebih user-friendly, tetapi Anda masih harus menempatkan lebih dari 250 tenaga kuda di motor dengan menggunakan patch kontak ban seukuran kartu kredit. Jadi jika elektronik tidak bekerja dengan baik – tidak mungkin untuk menemukan mesin pada tingkat ini yang dapat Anda geber tanpa perangkat elektronik, dan saya percaya itu,” terangnya.

Semua fokus Honda tengah diarahkan ke mesin dan elektronik, karena pengembangan sasis baru secara efektif telah dihentikan, meski demikian kabarnya Marquez juga sedang melakukan perbandingan antara menggunakan frame 2014 atau yang versi 2015.

Dan hal itu dibernarkan Suppo, jika sudah tidak ada pengembangan sasis baru untuk tahun ini. “Pada saat ini, tidak ada,” jawab Suppo ketika ditanya tentang perubahan sasis.

“Dengan adanya perubahan ban (menggunakan Michelin) kami ingin memahami jika mungkin ada beberapa keuntungan atau tidak. Saya pikir dia (Marc) akan mengujinya lagi di Phillip Island. Tapi saat ini sasis bukan masalah besar. Perhatian utama terkait dengan elektronik,” pungkasnya

Sekedar informasi, tes pra-musim resmi Kedua dari tiga tes akan diadakan di Phillip Island pekan depan. (nja/otorace)

1,520 total views, 2 views today

Dani Pedrosa Marc Marquez MotoGP 2016 Repsol Honda

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA