Bikin Geger! Tampil Perdana Ninja Tune Up Bjos KHI Motor Tembus 07.131 Detik

5422 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Bjos KHI Motor : Hendra Sincan (kacamata tengah) mengungkapkan rahasia ninja garapannya yang tembus 07.131 detik ini terpusat pada modifikasi water pumpnya. (foto : singgih/otorace)

OTORACE.COM – Surabaya, Ada kabar terbaru nih dari Bjos KHI Motor. Tim drag bike asal kota Pahlawan besutan Asiung ini tengah serius menggarap Kawasaki Ninja barunya untuk di adu dikelas Sport 2Tak Tune Up 155cc. Kerennya, meskipun masih baru tampil 1kali di even balap tapi motor garapan tangan dingin Hendra Sinchan ini sudah menembus time 07.131 detik.

“Setelah motor ini baru jadi kami langsung mengetesnya di even balap beberapa pekan lalu, hasilnya pun cukup bagus saat ditunggangi Prima Cool,” buka Sinchan saat ditemui kru Otorace.com di rumah gawenya.

Rahasia korekan Sinchan pada motor bercat orange dan putih ini ternyata pada water pumpnya. Menurut Sinchan menjaga kestabilan suhu pada motor sangatlah penting untuk menghindari overheat. Pasalnya, mesin Ninja rentan panas saat di oprek, otomatis membutuhkan pendingin lebih baik lagi dari standartnya.

“Gigi radiatornya dilepas kemudian saya pasang water pump diluarnya dengan tujuan air radiatornya bisa langsung mengalir,” jelas pria besar berkacamata ini.

Urusan dapur pacunya, Sinchan masih mengandalkan piston bawaan pabrik. Namun tetap bloknya diperbesar dengan bor tune untuk menjaga kesegaran ruang bakar. Alhasil, pemasangan karburator PWK 38 Air Strike yang disetting main jet 168 dan pilot jet 70.

“Hisapan Avgas ke ruang bakar harus disesuaikan untuk mengoptimalkan kinerja mesin, tapi juga tidak boleh terlalu besar biar mesin tidak loyo karena kebanyakan meminum bahan bakar,” terangnya yang menggunakan membran V-Force 3.

Memperlancar arus listriknya, Sinchan membubut ulang magnet standartnya. Pengapiannya pun dipercayakan koil Yz yang dipadu CDI RC dimana Sinchan meyakini bisa mendongkrak tenaga motor lebih dari 2HP.

“Terakhir pengaturan ulang gigi rasio di 1(16-29), 2(18-28), 3(20-25), 4(22-24), 5(21-19) dan 6(20-19) sudah paling ideal untuk motor ini,” tutupnya yang memakai knalpot buatannya sendiri dengan brand B-Jos Racing Muffler. (singgih/otorace)

Data Modifikasi :
Motor : Kawasaki Ninja tahun 1999
Kampas : Standart
Membran : V-Force 3
Final Gear : SSS 14 – 39
Piston : Standart
Karburator : PWK 38 Air Strike
CDI : Suzuki RC
Koil : Yz
Knalpot : B-Jos Racing Muffler
Ban : IRC Eat My Dust

10,664 total views, 2 views today

Bjos KHI Motor Drag Bike Racing TIps

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA