Formula 1 2016 : Akhirnya Kembali ke Sistem Kualifikasi 2015 di Grand Prix China

1025 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
KEMBALI. Di GP China, Sistem kualifikasi kembali ke sistem 2015, setelah Ecclestone dan Todt akhirnya mau mengalah dan kembali ke format 2015. (foto: f1/otorace)

KEMBALI. Di GP China, Sistem kualifikasi kembali ke sistem 2015, setelah Ecclestone dan Todt akhirnya mau mengalah dan kembali ke format 2015. (foto: f1/otorace)

OTORACE – Formula 1, Setelah mendapat kritikan dari tim dan pembalap pada sistem kualifikasi baru, akhirnya sistem kualifikasi formula 1 kembali ke format 2015 pada babak ketiga musim ini, di Grand Prix China, setelah FIA dan Bernie Ecclestone menyetujui permintaan dari tim pada Kamis (7/4/2016) kemarin.

Sebelas tim, dalam sebuah surat kepada Presiden FIA Jean Todt dan supremo F1 Bernie Ecclestone, menyatakan bahwa mereka tidak setuju pindah ke kualifikasi agregat, dan menyatakan keinginan untuk kembali ke format tahun lalu.

Formula 1 yang menggunakan sistem eliminasi baru pada awal 2016 di Australia dan Bahrain, mendapat banyak dikritik dari tim dan pembalap, ini karena tidak ada aktivitas track pada tahap penutupan masing-masing fase knock out.

Ecclestone dan Todt pada awalnya tidak mau mundur dan kembali ke format 2015, dan meminta tim untuk mempertimbangkan sistem agregat dua lap baru, tapi surat kejutan yang datang pada Kamis itu memaksa mereka memikirkan kembali.

Formula 1 sekarang bersiap untuk beralih kembali ke kualifikasi 2015 di Cina akhir pekan depan. Meskipun pada perkembangan saat itu, bagaimanapun, perubahan masih perlu melalui Komisi F1, sebelum resmi disahkan oleh World Motor Sport Council (WMSC).

“Atas permintaan bulat dari tim di surat yang diterima hari ini, Jean Todt, Presiden FIA, dan Bernie Ecclestone, perwakilan pemegang hak komersial, dalam kepentingan kejuaraan, untuk mengajukan proposal kepada Komisi F1 dan Dunia Motor Sport Council untuk kembali ke format kualifikasi yang berlaku di tahun 2015,” demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh FIA.

“Usulan ini, jika disetujui oleh Formula 1 sebagai badan yang mengatur regulasi, akan berlaku sejak Grand Prix Cina dan akan berlaku untuk sisa musim ini,” tambah pernyataan tersebut.

Ditambahkan pula : “Jean Todt dan Bernie Ecclestone menyambut baik gagasan yang diajukan oleh tim untuk memiliki penilaian global format akhir pekan untuk 2017.”

Formula 1 ini kembali ke format kualifikasi tahun lalu berarti bahwa driver enam akan keluar pada akhir Q1 dan Q2, sehingga akan menyisakan 10 driver untuk memperebutkan pole position di Q3.

satriyo. @otoracecom

2,223 total views, 2 views today

Formula 1 GP China 2016 Kualifikasi Formula 1

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA