Ini Settingan Jupiter Z Pemula RAT Motorsport, Yang Kerap Bawa Pulang Tropi

4534 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Bima Kids : Inilah aksi dragster pemula tim RAT Motorsport. (foto : singgih/otorace)

OTORACE.COM – MALANG, Banyaknya dragster pemula yang muncul dengan prospek menjanjikan dengan kerapnya menggondol pulang tropi di kelas pemula hingga di kelas open membuat beberapa tim menjadi dilema. Pasalnya, kuda besi yang biasa dipakai harus diramu ulang untuk menyesuaikan karakter sang dragster pemula. Itu juga yang dialami tim RAT Motorsport pada gacoannya yang biasa tampil di kelas Bebek 4Tak Tune Up 130cc.

“Awal tahun ini saya susah mendapatkan pembalap seeded dan munculnya pembalap pemula dengan skill terampil membuat saya harus merombak kembali motor Jupiter Z untuk menyesuaikan karakternya,” buka Priyatmoko selaku owner tim RAT Motorsport.

Sukses : Anto (Duduk Tengah) tuner muda dari tim RAT Motorsport ini kerap membawa pulang tropi meskipun merombak ulang racikannya khusus untuk pemula. (foto : singgih/otorace)

Sukses : Anto (Duduk Tengah) tuner muda dari tim RAT Motorsport ini kerap membawa pulang tropi meskipun merombak ulang racikannya khusus untuk pemula. (foto : singgih/otorace)

Menurut sang owner, karakter pembalap pemula berbeda jauh dengan pembalap seeded. Maka dari Anto yang ditunjuk sebagai tunernya pun menerapkan kompresi 14.4 : 1. Hal ini tercipta berkat pengaplikasian piston forged berlingkar 55.2mm dengan dome 4mm milik Daytona.

“Piston tipe forged lebih ringan dan padat sehingga kuat menahan kompresi tinggi,” ucap Anto yang membengkakkan mesin menjadi 130cc.

Menyesuaikan pembesaran ukuran piston, klep turut diperbesar menjadi 28.5mm – 23.5mm milik Moto 1. Perhitungan total durasi pun ketemunya di angka 282 derajat menggunakan noken as Roller Rocker Arm Kawahara dengan lift klep 9.4mm.

“Saya ingin membiasakan pembalap pemula membawa motor yang mempunyai power average 25 DK ini dengan gampang karena settingannya berkarakter smooth di bawah dan panjang di atas,” beber Anto yang menargetkan time 8.2 detik pada racikannya.

Karburator UMA berdiameter 30mm dengan settingan pilot jet 65 dan main jet 105 dipercaya Anto untuk menambah tenaga diputaran atasnya. CDI Rextor Pro Drag Limited Edition 35 derajat disandingkan dengan koil bawaan pabrik pun dinilai Anto sudah mumpuni untuk mengail lebih tenaga atasnya.

“Settingan terakhir meramu ulang gigi rasio yang hitungannya 1 (13-36), 2(16-29), 3(21-29) dan 4(23-26) yang saya perlancar dengan kampas kopling milik Daytona,” tutup Anto saat ditemui dibengkel RAT Motorsport di jalan Bypass Juanda no.17, Sidoarjo.

Dengan settingan khusus pemula ini, tunggangan dari Bima Kids dan Faris Gimbes sudah banyak meraih tropi di berbagai kejuaraan di kelas pemula maupun open lho brosist.

singgih. @otoracecom

Data Modifikasi :
Motor : Jupiter Z Tahun 2007
Kampas : Daytona
Noken As : Kawahara
Final Gear : 13 – 34
Piston : Daytona tipe Forged
Karburator : UMA
CDI : Rextor Pro Drag Limited Edition 35 Derajat
Knalpot : AHRS
Ban : Speed King

77,096 total views, 2 views today

Drag Bike Indonesia RAT Motorsport Tips Drag Bike

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA