Inilah Hasil Fase Eliminasi yang “Ngeyel” Dijalankan di F1 GP Bahrain

833 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

Eliminasi. Hamilton saat mengikuti Q1 – Q3 sebagai salah satu babak eleminasi penentuan 10 besar di Formula 1 GP Bahrain 2016. (foto: ist/otorace)

OTORACE – Formula 1, Hamilton mampu menyingkirkan dua pembalap Ferrari yang pada sesi latihan terakhir mampu menempati posisi teratas. Mungkin banyak yang belu, memahami pola kualifikasi model eliminasi ini, yang banyak mendapat kritik tajam, baik dari tim maupun dari pembalapnya. Dan seperti inilah Hasil Fase Eliminasi yang masih dijalankan di Grand Prix Bahrain

Qualifying 1 (Q1)
Mobil pertama berjalan ke pintu keluar pit lane dua menit sebelum Q1 dimulai. Sebastian Vettel mengambil langkah pertama diikuti antrian oleh dua pembalap Mercedes dan selanjutnya Ferrari dan lainnya, begitu seterusnya.

Dalam waktu tiga menit dari sesi awal hampir setiap driver telah menetapkan waktu dan yang tercepat kembali ke pit untuk menjalani sesi berikutnya. Yang meninggalkan segelintir mobil di jalur untuk memilah posisi minor.

Felipe Nasr dan Rio Haryanto yang cepat dikeluarkan, tidak memiliki waktu yang cukup untuk bergabung kembali trek dan berjalan lagi. Nasr yang terkunci di tikungan pertama akhinrya meninggalkan trek.

Orang berikutnya untuk dieliminasi adalah Jolyon Palmer yang berhasil diputaran kedua. Tapi itu hanya cukup untuk memindahkannya pada posissi di depan Stoffel Vandoorne, yang segera mendorongnya kembali turun lagi dan berlajut ke Q2.

Pascal Wehrlein punya cukup waktu untuk mendapatkan Manor nya sampai 16 yang kuat, meninggalkan Sergio Perez. Kedua pembalap Renault Kevin Magnussen juga dihilangkan, meskipun telah memutuskan akan memulai balapan dari pit.

Driver tersingkir di Q1 (Qualifying)
16. Pascal Wehrlein/ Manor-Mercedes 1’32.806
17. Marcus Ericsson/Sauber-Ferrari 1’32.840
18. Sergio Perez/Force India-Mercedes 1’32.911
19. Kevin Magnussen/Renault 1’33.181
20. Jolyon Palmer/Renault 1’33.438
21. Rio Haryanto/Manor-Mercedes 1’34.190
22. Felipe Nasr/Sauber-Ferrari 1’34.388

Qualifying 2 (Q2)
Banyak prosedur yang sama diulang pada awal Q2, hanya saja kali ini giliran Raikkonen memimpin diatas Mercedes dan Vettel berhasil mengalahkan salah satu dari mereka. Sedikit kesalahan oleh Rosberg di tikungan sepuluh, dan membuat jeda hampir setengah detik dari waktu Hamilton, dan memungkinkan Vettel untuk mengambil keuntungan juga.

Daniil Kvyat , Jenson Button, Esteban Gutierrez dan Stoffel Vandoorne tersingkir, dan tidak ada yang menetapkan waktu lap lebih lanjut. Yang dijamin Vandoorne akan membuat debut F1 setelah keluar-kualifikasi.

Nico Hulkenberg menemukan waktu untuk memperbaiki dan mengklaim tempat di Q3, memastikan dua Toro Rossos juga keluar dan mengankat Romain Grosjean Haas di final untuk delapan driver.

Driver yang tersingkir di Q2
9. Romain Grosjean/Haas-Ferrari
10. Max Verstappen/Toro Rosso-Ferrari
11. Carlos Sainz Jnr/Toro Rosso-Ferrari
12. Stoffel Vandoorne/McLaren-Honda
13. Esteban Gutierrez/Haas-Ferrari
14. Jenson Button/McLaren-Honda
15. Daniil Kvyat/Red Bull-TAG Heuer

Qualifying 3 (Q3)
Rosberg kembali mengambil inisiatif pada putaran pertama lap di Q3, harus tunduk bawah Mercedes yang mengeluarkan kekuatan dari mesin W07 mereka.

Hamilton telah tampak di jalur untuk minimal menyamai rekan setimnya, tapi ia sempat lebar di pintu keluar dari tikungan terakhir dan melebar ke run-off, hingga kehilangan beberapa persepuluh detik. Pasangan Ferrari mengambil keuntungan, yang meninggalkan Hamilton berebut untuk memulai putaran terakhirnya sebelum eliminasi menangkapnya.

Hulkenberg, pembalap Williams dan Daniel Ricciardo merupakan yang pergi pertama sebelum Hamilton. Upaya terakhirnya adalah sempurna – bebas dari kesalahan dan cukup cepat.

Track record yang diciptakan Mark Webber 1’29.527, sejak tahun 2005, dipecahkan oleh Mercedes W07 Hamilton. “Itu adalah lap seksi” seru Hamilton setelah mengalahkan upaya Webber dengan selisih tiga per seratus detik.
Rosberg juga hampir mengalahkan memecahkannya juga pada upaya terakhirnya. Vettel terjebak dengan kesalahannya sendiri di tikungan terakhir, tapi kemungkinan tidak memperhitungkan perbedaan setengah detik antara dia dan pole sitter.

Sepuluh besar di Q3
1. Lewis Hamilton/Mercedes
2. Nico Rosberg /Mercedes
3. Sebastian Vettel/Ferrari
4. Kimi Raikkonen/Ferrari
5. Daniel Ricciardo/Red Bull-TAG Heuer
6. Valtteri Bottas/Williams-Mercedes
7. Felipe Massa /Williams-Mercedes
8. Nico Hulkenberg/Force India-Mercedes

satriyo. @otoracecom

1,551 total views, 0 views today

F1 GP Bahrain Formula 1 Lewisi Hamilton Pole Bahrain Otorace

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA