Winglets War : Ducati Ngeyel, Soal Tuduhan Winglet nya Berbahaya

888 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
otorace

WINGLET WAR. Ducati bersikukuh bahwa winglet yang ada di motornya tidak berbahaya bahkan ide itu menjadi keuntungan bagi para pesaingnya. (foto: crash/otorace)

OTORACE – MotoGP, “Kami tidak bisa menerima jika sebuah insiden serius bisa terjadi tanpa konsekuensi, sebagai dalih untuk mencoba dan membawa laju pengembangan Ducati, sebelum orang lain memulai secara penuh tanpa melanggar peraturan yang ada, bahkan hasil pengembangan itu ditiru pesaingnnya hingga memberi kita keuntungan lebih bagi mereka ketimbang kami,” ungkap Gigi Dall’Igna, general manager Ducati Corse .

otorace

Insiden. Inilah insiden winglet Ianone yang menyenggol Marquez di awal Grand Prix Argentina.

Gigi Dall’Igna menantang klaim bahwa sayap inheren pada motor MotoGP nya berbahaya, termasuk gerakan mereka yang menyarankan untuk melarang teknologi, demi alasan keamanan, padahal itu tak lebih dari ‘dalih’ untuk menghentikan keuntungan aerodinamis yang kini dimiliki Ducati.

Namun Gigi Dall’Igna ‘bersedia untuk meningkatkan peraturan yang ada saat ini’, dan menyerukan ‘kejujuran intelektual dengan akal sehat, sehingga pihaknya bisa terus bekerja dengan aerodinamika sesuai peraturan yang lebih jelas dan lebih rinci.

“Saya berharap bahwa kejujuran intelektual dan akal sehat akan menang, sehingga kami dapat terus bekerja pada aerodinamika dengan peraturan yang lebih jelas dan lebih rinci,” harap Dall’Igna.

Seperti diketahui, Ducati merintis generasi terbaru dari sayap pada mesin Desmosedici 2015 pertamanya, yang diawasi langsung oleh Dall’Igna. Pabrikan Italia itu telah berada di garis depan teknologi winglet sejak itu, investasi berkelanjutan pun dilakukan sebagai salah satu program evolusi di bidang desain.

Enam bulan setelah debut winglet Ducati, Yamaha meluncurkan versi 2015 di putaran Misano. Honda berikutnya, meskipun tidak sampai tahun ini tes Qatar.

Tetapi pada saat yang sama, rumor beredar bahwa sayap itu bisa segera dilarang, hal ini terungkap dalam pertemuan asosiasi produsen ‘(MSMA) yang mencoba menyepakati proposal tentang masa depan perangkat tersebut.

Mereka yang mendukung teknologi scrapping telah menyoroti insiden kontak antara winglet Andrea Iannone sebelah kiri dengan Marc Marquez pada awal Grand Prix Argentina.

Seperti dilansir Crash.net, menanggapi argumen isu keselamatan itu, Dall’Igna menyatakan: “Ada banyak pembicaraan tentang keselamatan winglet tapi jujur, saya tidak berpikir apa-apa yang telah terjadi yang dapat membawa kita untuk mengatakan bahwa sayap yang berbahaya .

“Dalam kasus kontak Iannone dan Marquez di tikungan pertama dari Argentina GP, winglet kami justru lepas dari motor kami dan Marquez tidak mengalami kerusakan lebih parah dari kami, hal itu hanya masalah normal yang bisa terjadi pada siapa saja. Dan tentu ada bagian lain dari motor (bar dan pijakan kaki misalnya) yang dapat menyebabkan masalah dalam kasus kontak,” terang Dall’Igna berargumen.

Tujuan utama dari sayap adalah untuk menghasilkan downforce di depan sepeda saat akselerasi, sehingga mengurangi jumlah wheelie tanpa perlu memotong output mesin.

“Winglets berguna untuk mengurangi kecenderungan sepeda untuk menjadi wheelie dan saya percaya bahwa kita semua setuju ketika kita menyatakan bahwa sepeda yang membuat roda depan yang turun di jalur bawah percepatan lebih aman dari satu dengan roda yang terangkat ke udara,” Dall’Igna menambahkan.

joss. @otoracecom

2,812 total views, 0 views today

Ducati Winglets Winglets MotoGP

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA