Formula 1 Eropa GP Baku 2016 : Tanpa Drama, Rosberg Dominasi Balapan

803 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Formula 1 Baku

JUARA GP BAKU. Tampil konsisten, Nico Rosberg akhirnya mendominasi dan menjurarai Formula 1 Baku, Azerbaijan. (foto: f1/otorace)

OTORACE – Formula 1, Nico Rosberg membangun kembali keunggulannya di klasemen sementara Formula 1, atas Lewis Hamilton, dengan selisih menjadi 24 poin dengan kemenangan light-to-flag yang nyaman di Baku Azerbaijan, Minggu (19/6), sementara pesaing terdekatnya itu hanya finis di posisi kelima.

Sang pemimpin kejuaraan itu memimpin dan mendominasi balapan sejak tikungan pertama dari start posisi pole dan hanya menarik diri, tanpa ada safety car hingga ‘pembantaian’ jalan Azerbaijan yang rumit itu tak terwujud.

Rosberg Win GP Baku 2016Memang, balapan di Circuit Baku Kota ini berlangsung tanpa drama dan kesalahan, seperti banyak ditakutkan, dan sebagian besar balapan juga berjalan lancar, Rosberg pun dengan tanpa banyak halangan berhasil lolos dari Daniel Ricciardo, sejak awal hingga akhir balapan.

Sebaliknya, perhatian justru difokuskan pada rekan setimnya Hamilton, yang memulai balapan dari posisi kesepuluh setelah kecelakaan di latihan bebas, tapi setelah pit-stop awal dan kecepatan awal yang layak, Hamilton justru mampu terus memperbaiki posisinya dan membuat kemajuan yang cukup pesat, hingga finis di tempat kelima.

Komunikasi radio tim menginstruksikan kepadanya untuk mengubah pengaturan di dalam mobil yang tidak benar, Hamilton menghabiskan banyak lap hanya untuk mencoba memperbaiki masalah pada mobilnya.

Nasib baik diraih pembalap Jerman lainnya, yakni Sebastian Vettel yang sempat mengejar barisan depan dengan pemimpin Ricciardo, Vettel akhirnya mempu melewati para pembalap di depannya dan finis di posisi kedua.

Penampilan yang cukup mengejutkan justru ditunjukkan oleh driver Force India Mercedes, Sergio Perez, yang mampu lolos dari banyak halangan di Baku, dan mengelola pit stop dengan baik, sampai menyentuh garis finis di podium ketiga.

Pembalap Meksiko itu, berhasil meraih poin cukup besar termasuk untuk klasemen konstruktor. Sebelum GP Baku, poin Perez berjumlah 24 dengan posisi klasemen 9, dan dengan podium 3 ini, poin Perez bertambah 15 menjadi 39 poin dengan posisi klasemen meningkat satu tingkat, menjadi 8 menggeser posisi Felipe Massa. Sedangkan di klasemen konstruktor, Perez berhasil mendongkrak posisi Force India ke posisi 5, dengan 59 poin.

Sayang sekali untuk dua pembalap Manor Racing, karena Pascal Wehrlein tak sanggup melanjutkan balapan saat race mendekati akhir, karena masalah rem. Sementara Rio Haryanto finis cukup baik yakni di posisi 18, namun hal itu tidak membuat ambisi Rio untuk memetik poin perdananya kandas. satriyo. @otoracecom

Hasil Formula 1 Eropa GP Baku, Azerbaijan 2016
1. Nico Rosberg (GER) Mercedes-Mercedes 51 laps 1h 32m 52.366s
2. Sebastian Vettel (GER) Ferrari-Ferrari +16.6s
3. Sergio Perez (MEX) Force India-Mercedes +25.2s
4. Kimi Raikkonen (FIN) Ferrari-Ferrari +33.1s
5. Lewis Hamilton (GBR) Mercedes-Mercedes +56.3s
6. Valtteri Bottas (FIN) Williams-Mercedes +60.8s
7. Daniel Ricciardo (AUS) Red Bull-TAG Heuer +69.2s
8. Nico Hulkenberg (GER) Force India-Mercedes +70.6s
9. Max Verstappen (NED) Red Bull-TAG Heuer +77.7s
10. Felipe Massa (BRZ) Williams-Mercedes +85.3s
11. Jenson Button (GBR) McLaren-Honda +1m 44.8s
12. Felipe Nasr (BRZ) Sauber-Ferrari +1 lap
13. Kevin Magnussen (DEN) Renault-Renault +1 lap
14. Romain Grosjean (FRA) Haas-Ferrari +1 lap
15. Jolyon Palmer (GBR) Renault-Renault +1 lap
16. Esteban Gutierrez (MEX) Haas-Ferrari +1 lap
17. Marcus Ericsson (SWE) Sauber-Ferrari +1 lap
18. Rio Haryanto (INA) MRT-Mercedes +2 laps

Not Classified
Rtd. Fernando Alonso (ESP) McLaren-Honda
Rtd. Pascal Wehrlein (GER) MRT-Mercedes
Rtd. Carlos Sainz Jr (ESP) Toro Rosso-Ferrari
Rtd. Daniil Kvyat (RUS) Toro Rosso-Ferrari

Fastest lap
Nico Rosberg (GER) Mercedes-Mercedes 1m 46.485s Lap 48

4,139 total views, 0 views today

Formula 1 Nico Rosberg Baku

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA