Penggunaan Winglet Bakal Dilarang Setelah Musim 2016

958 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
winglet banned

WINGLET. Ducati adalah pelopor penggunaan winglet, dan dengan pengguna winglet terbanyak pada motornya, motor Ducati pun diketahui lebih jinak saat menggunakan winglet. (foto: nets/otorace)

OTORACE – MotoGP, Penggunaan perangkat aerodinamis yang dibawa Ducati ke grid pada 2015, terus mengalami pengembangan untuk berbagai solusi. Dan setelah musim 2016 ini penggunaan Winglet akan dilarang, menyusul hasil pertemuan Komisi Grand Prix, Dorna, FIM, IRTA, dan MSMA pada hari Sabtu di Assen.

Penggunaan winglet sendiri menyebar ke seluruh paddock, dan semua produsen MotoGP telah menggunakan varian ini pada beberapa tahapan yang berbeda tahun ini, seperti halnya Suzuki dan Aprilia yang terakhir melakukannya di Jerez pada bulan April silam.

Namun, mereka tetap menjadi topik yang kontroversial, dengan masalah keamanan diungkapkan bagi banyak pengendara.

Ducati akhirnya bisa memahami untuk melarang penggunaan perangkat tersebut, yang mana ditulis dari Moto2 dan Moto3 – di mana mereka masih primitif terbaik – pada bulan Maret dan Mei.

Para produsen akhirnya bisa mencapai sebuah konsensus, “Grand Prix Commission” memutuskan” bahwa mulai tahun 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang”, ungkap hasil pertemuan di Assen.

Penggunaan sayap sendiri harus “mematuhi peraturan teknis saat ini” dapat masih dapat digunakan sampai akhir tahun.

Grand Prix Commission juga mengumumkan bahwa pasca-race pemeriksaan suara pada tiga sepeda di setiap kelas telah ditetapkan, karena tidak ada mesin yang gagal tes di era empat-stroke. Ruang lingkup untuk tempat cek yang akan dilakukan oleh direktur teknis tetap.

Banyak kalangan meragukan bahwa hal ini murni menyangkut keselamatan, karena dari penggunaan winglet yang sudah dilakukan selama hampir setengah musim, dan saat pengendara jatuh, seperti Andrea Dovizioso yang sering jatuh, sama sekali tidak terdampak dengan winglet yang ada pada motornya. Bahkan Ducati dan Yamaha, mampu tampil lebih jinak dengan penggunaan Winglet ini. Jadi apa benar sebenarnya yang terjadi dengan pelarangan ini? satriyo. @otoracecom

1,614 total views, 2 views today

Ducati Winglet Winglet Dilarang Winglet MotoGP

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA