Yamaha Ungkap Penyebab “Tragedi” Mesin M1 di Mugello

1170 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Yamaha Ungkap Penyebab "Tragedi" Mesin M1 di Mugello

Terungkap. Motor Rossi saat dievakuasi usai mesinnya “meletus” di GP Mugello. (foto: crash/otorace)

OTORACE – MotoGP, Yamaha mengatakan bahwa ada masalah elektronik rev limiter yang juga dialami oleh Jorge Lorenzo dan motornya hingga membuat mesin M1 Valentino Rossi ngadat di Grand Prix Italia.

Setelah masalah tersebut, dua mesin langsung diterbangkan ke markas Yamaha, untuk dilakukan penyelidikan masalah dengan rinci, data telemetri dan sistem yang terkait menghubungkan ke masalah ECU.

“Kegagalan itu disebabkan oleh masalah elektronik yang berkaitan dengan rev limiter yang akhirnya mengakibatkan kerusakan pada katup dan piston,” jelas Project Leader Yamaha YZR-M1, Kouji Tsuya.

Ditambahkannya, penyebab kegagalan mesin Jorge dan Valentino adalah relatif sama. Ada masalah pada komponen mesin atau kegagalan struktural. “Itu murni masalah kontrol elektronikm,” tegasnya.

Dikatakan pula oleh Tsuya, bahwa kegagalan Rossi disebabkan oleh “crash rev dalam percepatan” saat akselerasi puncak dengan kecepatan penuh, dan itu tidak terkait dengan kesalahannya pada putaran sebelumnya.

Dia juga menegaskan tidak ada pengaturan khusus yang digunakan oleh Yamaha, “memang tidak disadari perilaku berbeda dari standar software ECU, yang membuat perbedaan kerja rev limiter dengan tahun lalu.”

Kedua, mesin Lorenzo dan Rossi yang bermasalah telah ditarik.
“Kami telah belajar dari kejadian ini dan sudah melakukan modifikasi pengaturan rev limiter, sehingga akan OK di Grand Prix Catalan,” kata Tsuya menjelang Grand Prix akhir pekan ini.

“Sebagai tindakan pencegahan, mesin lain yang digunakan oleh kedua pembalap ini, Valentino dan Jorge di Mugello akan digunakan hanya untuk sesi latihan, sampai siklus selesai. Kami memahami masalah elektronik yang menyebabkan kegagalan di Mugello, oleh karena itu kita tidak perlu campur tangan dengan mesin yang belum kami disegel,” paparnya.

Namun demikian, Tsuya menyatakan jika pihaknya masih memiliki cukup mesin untuk sisa musim ini, dan Yamaha telah menyusun penanggulangan. “Jadi kami yakin bahwa kegagalan tidak akan terjadi lagi,” janjinya. satriyo. @otoracecom

1,759 total views, 2 views today

MotoGP Yamaha

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA