Siapa Sejatinya Stoffel Vandoorne Calon Pengganti Rio Haryanto ?

763 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Stoffel-Vandoorne

Stoffel Vandoorne. Membalap sejak usia 6 tahun, kini menjadi pembalap muda sekaligus driver tes dan pengembangan McLaren-Honda. (foto: Stoffel/otorace)

Formula 1 – otorace, Stoffel Vandoorne kini merupakan driver untuk tes dan pengembangan McLaren-Honda yang ia lakoni sejak 2015, selain itu, Vandoorne juga menjadi driver di ART GP2 serta anggota dari Program driver McLaren muda.

Kart Racing Stoffel

Stoffel Vandoorne. Membalap sejak usia 6 tahun, kini menjadi pembalap muda sekaligus driver tes dan pengembangan McLaren-Honda. (foto: Stoffel/otorace)

Vandoorne yang lahir di Belgia 26 Maret 1992, memulai karir balap pada usia enam tahun lewat balap go kart. Prestasi perdananya menjadi juara di Kejuaraan Nasional Karting Belgia.

Setelah memenangkan balapan di luar Karting Kejuaraan Nasional Belgia. Terobosan besar pun datang pada tahun 2008, ketika ia membalap untuk Belgia VDK Racing Team di Kejuaraan KF2 Belgia dan Perancis. Tahun itu ia dinobatkan menjadi juara Belgia KF2.

Stoffel Vandoorne Mc laren

Stoffel Vandoorne saat mengendarai mobil McLaren-Honda.

Tahun 2009 adalah awal karir balap internasional Stoffel. Dalam kategori KF2 dia berkompetisi di WSK, Kejuaraan Eropa dan World Trophi, dengan beberapa prestasi menonjol meraih gelar juara. Juga pada tahun itu, ia memenangkan ajang bergengsi RACB National Team Steering Wheel.

Musim berikutnya, Stoffel pindah ke balap single-seater, bergabung dengan F4 Eurocup 1.6 Series. Ia memenangkan seri di musim pertamanya di dua balapan, dengan total mencapai enam kemenangan selama 1 musim.

Selama musim 2011 ia berlaga di Formula Eurocup Renault 2.0 dan Formula Renault 2.0 Northern Piala Eropa bersama KTR, dengan total keseluruhan berada di posisi kelima.

Sangat terkesan semua hasil itu, Josef Kaufmann Racing pun mengontraknya untuk membalap di kejuaraan yang sama tahun 2012. Wal hasil, Stoffel menjadi juara Eurocup setelah mengamankan empat kemenangan dan enam podium serta mencicipi sukses lima kali di NEC.

Pada tahun 2013 Stoffel menjadi runner up untuk Formula seri Renault 3.5, saat membalap untuk tim Fortec Motorsport. Dia pun akhirnya bergabung dengan Program driver Mclaren Young.

Musim 2014 Stoffel dikonfirmasi sebagai pembalap cadangan resmi McLaren Mercedes. Di samping peran F1, Stoffel berpacu di Seri GP2 untuk skuad Prancis ART Grand Prix. Setelah musim yang sukses dengan 4 posisi Pole dan 4 kemenangan, Stoffel runner-up di GP2 Series 2015.

Stoffel ingin melakukan yang lebih baik di tahun 2015 dan berlanjut dengan Grand Prix ART di Seri GP2. Memenangkan kejuaraan adalah tujuan dari pembalap ini. Sekarang, tahun 2016 ini, ia digadang-gadang bakal menggantikan Rio Haryanto di Manor Racing Team (MRT), yang meski memliki potensi tapi dilanda kesulitan finansial. joss. @otoracecom

2,712 total views, 2 views today

Formula 1 GP2 McLaren Rio Haryanto Stoffel Vandoorne

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA