Dakar 2017 Mobil Stage-4: Cyril Despres Sang Raja Gurun Libas Driver Favorit

498 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Cyril Despres Sang Raja Gurun

Cyril Despres Sang Raja Gurun

Dakar 2017 – Otorace.com, Setelah kemenangan pertama di stage3, Stéphane Peterhansel mengawali stage-4 sebagai pembuka jalan. Bagi Peterhansel pemenang enam kali di kategori mobil hal ini tidak mengkhawatirkan, terutama karena dua rival paling berbahaya Giniel de Villiers dan Nasser Al-Attiyah.

Tapi ancaman dari pembalap Toyota Al-Attiyah sudah hilang, karena adanya kabar bahwa Nasser Al-Attiyah tidak bisa mengikuti stage-4. Pembalap Qatar telah memutuskan untuk putus karena kerusakan Toyota nya terlalu parah.

Berita itu dibenarkan oleh Nasser Al-Attiyah tidak akan memulai tahap keempat. Kerusakan Toyota Hiluxnya terlalu parah, dan ini menjjadikan salah satu favorit Dakar harus keluar dari.

Jadi bahaya paling mungkin datang dari rekan se–timnya sendiri, Carlos Sainz dan pemegang puncak klasmen Sébastien Loeb.

Stéphane Peterhansel langsung menggebrak spesial stage-4 di belakang kemudi Peugeot nya. Tapi lajunya masih dalam jangkauan pandangan rekan satu timnya Carlos Sainz dan Sébastien Loeb yang berada dibelakangnya.

Seperti halnya Joan Barreda dalam kelas motor, Stéphane Peterhansel menancap gas penuh pada jalur ini. Driver Peugeot telah menghasilkan waktu terbaik di CP1, dua menit dibelakangnya ada rekan setimnya Cyril Despres dan empat menit dari Sébastien Loeb.

Hari yang buruk untuk Carlos Sainz yang tertinggal 10 menit di belakang Stéphane Peterhansel setelah keluar dari jalur khusus.

Stéphane Peterhansel yang memipin dengan solid akhirnya mengalami kemunduran karena mengukuti jalur yang salah. Kesulitan yang dialami Stéphane Peterhansel juga dialami Sébastien Loeb yang terhenti kurang dari dua kilometer dari Peugeot No. 300, karena ada masalah dengan Peugeot DKR 3008.

Cyril Despres akhirnya mengambil keuntungan dari masalah yang diderita oleh Stéphane Peterhansel dan Sébastien Loeb dengan mendapatkan waktu terbaik di CP2. Carlos Sainz pun menyusul 8’28 belakang, karena Peterhansel yang kehilangan banyak waktu.

Sebagai pembalap resmi Toyota Hilux yang masih eksis, Nani Roma terus memacu Hiluxnya untuk terus memburu Cyril Despres. Driver Toyota yang mencapai WP2 ini hanya berselisih empat detik. Mikko Hirvonen juga telah menempatkan Mini-nya, tapi masih 5 menit di belakangnya.

Stage-4 bisa menjadi bencana bagi Sébastien Loeb dan segera memburu Nani Roma. Loeb terus memacu kendaraannya disisa spesialo stage untuk menebus waktunya yang hilang.

Cyril Despres kembali memimpin satu menit lebih Nani Roma pada CP1. Kemenangan stage ini tinggal beberapa langkah lagi, karena Mikko Hirvonen dan Carlos Sainz masih dibelakang. Adapun Stéphane Peterhansel, tercecer dengan selisih waktu 15 menit.

Cyril Despres yang mamacu kendaraannya berhasil membuka celah 5 menit lebih dari Nani Roma saat di perbatasan Bolivia. Setelah awal spesial stage tiga driver Peugeot ini banyak kehilangan waktu, tapi disisa stage mereka untuk pulih hingga mencapai jarak stabil pada 7, 15 dan 24 menit.

Stage-4 ini bisa dikatakan tahap yang tak kalah mengerikan dimana Yazeed Al-Rajhi kesulitan melintasi perbatasan dan telah memberitahu penyelenggara lomba bahwa ia menarik diri dari reli. Ada lebih banyak drama di atas stage-4 yang luar biasa ini: seperti terjebaknya Carlos Sainz dalam jurang.

Nani Roma sebagai pembalap Hilux selesai di tempat ketiga, 12’51 belakang Cyril Despres dan berada di posisi kelima dalam klasemen umum, dengan selisih waktu 10’30.

Klasmen setelah Stage-4
1. #307 DESPRES CYRIL (FRA)/CASTERA DAVID (FRA) PEUGEOT 3008 DKR
2. #300 T1/2 4/2 PETERHANSEL STÉPHANE (FRA)/COTTRET JEAN PAUL (FRA) PEUGEOT 3008 DKR
3. #303 HIRVONEN MIKKO (FIN)/PÉRIN MICHEL (FRA) MINI JOHN COOPER WORKS RALLY
4. #309 T1/4 4/3 LOEB SEBASTIEN (FRA)/ELENA DANIEL (MCO) PEUGEOT 3008 DKR 11h
5. #305 T1/5 1/1 ROMA NANI (ESP)/HARO BRAVO ALEX (ESP) TOYOTA HILUX 11h
6. #316 T1/6 2/2 PRZYGONSKI JAKUB (POL)/COLSOUL TOM (BEL) MINI ALL4 RACING
7. #302 T1/7 1/2 DE VILLIERS GINIEL (ZAF)/VON ZITZEWITZ DIRK (DEU) TOYOTA HILUX
8. #308 T1/8 2/3 1 TERRANOVA ORLANDO (ARG)/SCHULZ ANDREAS (DEU) MINI JOHN COOPER WORKS RALLY
9. #314 T1/9 2/4 GARAFULIC BORIS (CHL)/PALMEIRO FILIPE (PRT) MINI ALL 4 RACING
10. #322 T1/10 2/5 ABU-ISSA MOHAMMED (QAT)/PANSERI XAVIER (FRA) MINI ALL 4 RACING

1,939 total views, 3 views today

Cyril Despres

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA