Dakar 2017 Motor Stage-5: Ketepatan Navigasi Bikin Sam Sunderland Terdepan

500 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Sam Sunderland

Sam Sunderland

Dakar 2017 – Otorace.com, Setelah melalui medang berat di stage- dan 4, kini neraka dakar masuk stage-5 dan bakal melintasi medan dataran tinggi Andes Bolivia. Kelelahan bakal melanda semua peserta, tapi di medan ini kebugaran fisik sangat diperlukan.

Dari banyak peseta yang tumbang di stage-3, dan deretan peserta yang tumbang makin bertambah di stage-4. Di kategori motor Thierry Bethys, David Megre, Toby Harga, Walter Terblanche, Alessandro Botturi, Rodney Faggotter, Jorge Lacunza, Ronald ter Beek, Armand Monleón dan Jurgen van den Goorbergh harus drop out.

Drama Dakar kali ini adalah tidak adanya jeda pada semua peserta, Joan Barreda, yang pemimpin klasemen umum, telah menerima hukuman satu jam karena mengisi bahan bakar di luar zona yang diizinkan. Hukuman tersebut juga menimpa beberapa pembalap Honda Michael Metge, Ricky Brabec dan Paulo Gonçalves. Ini adalah pukulan besar bagi dunia konstruktor terkemuka dalam usaha mereka untuk mengalahkan dominasi KTM di Dakar untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Akibatnya, pembalap Honda turun belakang pemimpin baru Pablo Quintanilla. Pembalap Spanyol memiliki semuanya untuk melakukan lagi yang spektakuler.

Matthias Walkner, Joan Barreda dan Xavier de Soultrait mengawali stage-5 dengan jarak 447 km.

Joan Barreda juga sempat tersesat dari rute yang benar pada beberapa kilometer. Michael Metge dan Xavier de Soultrait telah mengikutinya dan membuat kesalahan yang sama.

Drama bagi Joan Barreda terus berlanjut saat mencari jalur yang benar bersama Metge dan De soultrait, pemimpn klasemen umum sementara Pablo Quintanilla dan Stefan Svitko juga telah membuat kesalahan yang sama seperti Barreda dan itu meembuat mereka kehilangan banyak waktu.

Sebagai pembuka jalan, Matthias Walkner adalah satu-satunya pembalap yang bertekat untuk tidak membuat kesalahan pada trek kali ini. Pembalap Austria ini bisa membuat jarak yang besar dengan semua saingannya.

Pada pertengan jalur Pablo Quintanilla masih tetap terjebak pada jalur yang salah dan semakin jauh dari rute yang benar. Kasus ini juga menimpa Xavier de Soultrait dan Michael Metge, dimana mereka tersesat sejauh lima kilometer dari tempat seharusnya.

Saat Pablo Quintanilla kembali ke rute yang benar, bencana lain menimpa Joan Barreda, yang berada lima kilometer dari jalur yang benar dan telah diikuti oleh Ricky Brabec.

Matthias Walkner terus membuat jarak dengan saingannya, meskipun ia berada di jalur yang benar, Austria secara misterius berubah arah.

Pada WP3 Sam Sunderland mampu melonjak di depan saingan dengan waktu terbaik, 4’32 depan Paulo Gonçalves dan 7’47 dari Adrien Van Beveren.

Kesalahan pablo Quintanilla cukup besar karena dia sekarang saat di tiba WP 3 jarak waktunya 16’34 dibelakang Sam Sunderland.

Ini menjadikan Sam Sunderland memimpin tahap speedy dengan jarak waktu 28 menit dari Xavier de Soultrait, 32 menit dari Michael Metge dan 33 menit dari Stefan Svitko, tiga pengendara telah membayar harga yang lumayan untuk waktu yang hilang saat mencari jalur yang benar.

Kasus tersesatnya pengendara pun masih terjadi, Pierre-Alexandre Renet masih tidak dapat menemukan jalur yang benar. Juga Stefan Svitko tersesat pada awal stage dan telah membuat kesalahan yang sama.

Super Sam Sunderland masih pemimpin tahap sampai di WP4. Satu-satunya pembalap yang terampil dengan mengikuti rute yang benar sejak awal, pembalap Inggris yang sangat baik dan memimpin 4’02 lebih dari Paulo Gonçalves dan 6’58 lebih Adrien Van Beveren.

Banyak waktu yang hilang dari Matthias Walkner akibat navigasi yang salah. Pembalap Austria telah tiba di WP4 33 menit di belakang rekan setimnya super Sam Sunderland.

Sementara Joan Barreda kehilangan waktu 37 menit setelah tersesat 147 km. Ini adalah pukulan besar ditambah hukuman satu jam karena kesalahan kemarin.

Stage kali ini telak milik Sam Sunderland dengan kesenjangan yang jauh lebih besar antara dirinya dan Pablo Quintanilla (18’02), Xavier de Soultrait (32’52) dan Michael Metge (34’57).

Ini adalah hari yang berat bagi Matthias Walkner dan Joan Barreda. Kesalahan ini tentu banyak dimanfaatkan pesain-pesaing dibelakangnya. Seperti Juan ofensi yang mengambil keuntungan dari kesalahan saingannya. Pembalap Sherco berada di posisi keempat di WP4, 8’34 belakang pemimpin stage.

Klasmen setelah stage-5
1. #14 SUNDERLAND SAM (GBR) KTM 450 RALLY REPLICA
2. #3 QUINTANILLA PABLO (CHL) HUSQVARNA FR 450 RALLY
3. #6 VAN BEVEREN ADRIEN (FRA) YAMAHA WR450F
4. #8 FARRES GUELL GERARD (ESP) KTM 450 RALLY
5. #16 WALKNER MATTHIAS (AUT) KTM 450 RALLY REPLICA
6. #23 DE SOULTRAIT XAVIER (FRA) YAMAHA WR 450 F
7. #2 SVITKO STEFAN (SVK) KTM 450 RALLY REPLICA
8. #31 RENET PIERRE ALEXANDRE (FRA) HUSQVARNA FR 450 RALLY
9. #34 DUPLESSIS DIEGO MARTIN (ARG) KTM 450 RALLY EXC
10. #17 GONÇALVES PAULO (PRT) HONDA CRF450RALLY

1,837 total views, 2 views today

Sam Sunderland

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA