Dakar 2017 Motor : Taklukkan Rumitnya Navigasi, Joan Bareda Juarai Stage-10

499 views
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Otorace – Dakar 2017, Ditiadakannya stage-9 dan langsung masuk stage-10, tentu medan bergeser lebih cepat menjelang akhir, tetapi ada trek perangkap yang siap untuk menjerat setiap pesaing yang terlalu puas, karena kesalahan bisa tergelincir disusunan klasmen.

Super Sam Sunderland menunjukkan tanda-tanda untuk memenangkan Dakar dengan memimpin 20 menit lebih dari Pablo Quintanilla. Namun, situasi dapat berubah sangat cepat dan Sunderland harus tetap waspada.

Start motor pertama akan mencapai tahap awal link dengan jarak lebih dari 250 km. Joan Barreda adalah biker pertama sebagai pembuka medan, setelah memenangkan stage-8. Pembalap Honda membuktikan bahwa membuka jalan tidak menakutkan dan dia bakal mencari kemenangan kedua berturut-turut.

Super Sam Sunderland bakal start 6 menit dibelakang Joan Barreda dan yang lebih penting 3 menit setelah rekan setimnya Matthias Walkner yang akan menjadi titik fokus untuk membantunya menghasilkan kinerja yang baik.

Pablo Quintanilla dan Adrien Van Beveren juga punya saat berada diposisi kedua dan ketiga dalam klasemen umum, tapi masih belum memenangkan stage tahun ini dan juga harus waspada terhadap Matthias Walkner yang juga ingin naik ke podium terakhir di Buenos Aires.

Setelah menempuh spesial stage sepanang 39 km, Sam Sunderland sempat tersesat dan keluar dari jalur yang benar. Rute yang dibuat oleh penyelenggara tidak gampang dilalui para peserta. Joan Barreda pun tak luput dari masalah navigasi dan telah melewatkan gilirannya tajam setelah 53 km dan terhenti untuk menentukan jalur yang benar.

Sam Sunderland telah menyadari bahwa ia melakukan kesalahan dengan keluar dari jalur meski sudah bisa menemukan jalur yang benar, namaun pembalap KTM banyak kehilangan waktu.

Joan Barreda, Matthias Walkner dan Michael Metge mengambil track sejajar dijalur yang benar setelah ketiganya tersesat.

Pablo Quintanilla akhinya mampu mencapai Check point pertama, dengan memimpin 1’02 lebih dari Joan Barreda dan Michael Metge. Karena tersesat Sam Sunderland kehilangan 16’45 dan berada ditempat kedua dalam klasemen umum, dan digeser Pablo Quintanilla.

Saat menuju WP1, Pablo Quintanilla tersesat juga, dan setelah mencapai WP1 posisinya di klasemen umum bisa turun.

Pablo Quintanilla mempu menemukan jalur yang benar setelah 40-km. Tetapi pembalap Chili kehilangan banyak waktu.

Navigasi adalah tantangan tersulit di stage-10 ini. Hampir sebagian besar pembalap mengalami masalah navigasi dan tersesat, termasuk Xavier de Soultrait. Joan Barreda akhirnya menyelesaikan bagian pertama dari khusus sebelum zona netral 90-km.

Klasmen sementara setelah Stage-10
1. #14 SUNDERLAND SAM (GBR) KTM 450 RALLY REPLICA
2. #16 WALKNER MATTHIAS (AUT) KTM 450 RALLY REPLICA
3. #8 FARRES GUELL GERARD (ESP) KTM 450 RALLY
4. #6 VAN BEVEREN ADRIEN (FRA) YAMAHA WR450F
5. #11 BARREDA BORT JOAN (ESP) HONDA CRF450RALLY
6. #31 RENET PIERRE ALEXANDRE (FRA) HUSQVARNA FR 450 RALLY
7. #17 GONÇALVES PAULO (PRT) HONDA CRF450RALLY
8. #23 DE SOULTRAIT XAVIER (FRA) YAMAHA WR 450 F
9. #67 CAIMI FRANCO (ARG) HONDA CRF450 RALLY
10. #2 SVITKO STEFAN (SVK) KTM 450 RALLY REPLICA

19,567 total views, 14 views today

Joan Bareda

Related Post

Leave a reply

CAPTCHA